• SMP NEGERI 1 DAGANGAN
  • Baitul Qur'an Boarding School

Gelar Tema ke 3 P5, Tanamkan Kebhinnekaan Dalam Memwujudkan Profil Pelajar Pancasila

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau lebih dikenal dengan P5 menjadi rutinitas dari implementasi kurikulum merdeka. Berdasarkan Permendikbudristek No.56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Implementasi P5 pada kurikulum merdeka mencakup beberapa tema salah satunya adalah Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika merupakan Semboyan negara ini menggambarkan kondisi Indonesia yang mempunyai banyak keragaman budaya, namun tetap menjadi satu bangsa.

Dalam konteks menyambung dan menanamkan karakter serta mengenalkan identitas bangsa dalam bingkai keberagaman tentu bangsa Indonesia menjadi titik urgensi bagi penerus bangsa untuk dipahami, dijiwai serta diimplementasikan dalam tatanan penerapan revolusi mental.

Sebagaimana satuan pendidikan mengimplementasikan P5 dalam tema Binneka Tunggal Ika. Maka, SMP Negeri 1 Dagangan mengajak peserta didik dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan Bhinneka Tunggal Ika. Dalam penanaman teori koordinator P5 merancang dan memberikan kesempatan bagi peserta didik saat proses belajar mengajar. Ditambah dengan kegiatan membuat produk dengan berbagai karya sebagai bentuk aktualisasi dari nilai Kebhinnekaan yang telah di sampaikan. Selanjutnya kegiatan dilakukan dengan menyelngarakan kegiatan panen karya melalui  berbagai aktivitas yang melibatkan guru hingga peserta didik diantaranya melakukan  menari tarian daerah, menyanyikan lagu - lagu daerah, tampilan drumband dengan membawakan lagu - lagu daerah hingga fashion show tentang baju daerah.

Ibu Oktavia Nia Ramadani selaku koordinator P5 tema Bhinneka Tunggal Ika menyampaikan bahwa penting membelajarkan nilai Kebhinnekaan dalam berbagai bentuk agar peserta didik lebih memahami dan tertanam jiwa keberagamaan. Diharapkan peserta didik SMP Negeri 1 Dagangan akan selalu mengingat dan menghargai Kebhinnekaan serta terhindar dari pemikiran etnosentris yang dapat menggerus keutuhan bangsa Indonesia yang beragam.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MPLS, Mulai Penyesuaian Hadapi Awal Kegiatan Belajar Di Sekolah

Ditulis oleh : Aulia Salsa Nabila Editor : Sunumarta Pradana, S.Pd., Gr Masa pengenalan lingkungan sekolah bagian penting sebagai tahap awal peserta didik untuk dapat menyesuaika

22/07/2023 15:12 - Oleh Admin Blog - Dilihat 827 kali
Panen Raya Hasil Karya Projek P5 SMP Negeri 1 Dagangan

Panen raya hasil karya projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan puncak dari rangkaian kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila. Kegiatan yang diikuti oleh selu

06/02/2023 11:59 - Oleh Admin Blog - Dilihat 3461 kali
Penjelajahan, Media Pengembangan Bakat & Minat Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka

Melakukan kegiatan penjelajahan memberikan pengalaman yang menyenangkan, kegiatan berkelompok maupun individu menyelesaikan tugas dan menerima tantangan akan menambah kesan yang membeka

06/02/2023 11:13 - Oleh Admin Blog - Dilihat 1170 kali